Pages

Friday, October 31, 2014

FAKTA! makanan yang mengandung kalsium selain susu


susu merupakan sumber kalsium yang paling utama bagi tubuh. Kalsium itu sendiri sangat penting bagi tubuh untuk pembentukan tulang dan gigi. Tapi, taukah anda bahwa ada makanan yang mengandung kalsium tinggi selain susu ? Ada beberapa makanan yang memiliki kandungan tinggi selain susu. Bagi Anda yang tidak menyukai susu dan ingin memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh maka sebaiknya coba menggantinya dengan makanan berikut ini

1.       Keju memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama dengan susu murni. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam keju adalah vitamin, kalsium, mineral, fosfor, protein, dan lemak. Jadi, keju termasuk ke dalam salah satu makanan yang mengandung kalsium tinggi selain susu.

2.       Brokoli dan bayam kedua jenis sayuran ini merupakan sejenis makanan yang memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi tapi kalsium dari bayam lebih sulit diserap tubuh dibanding dari susu. Hal ini karena kalsium dalam bayam terikat dengan oksalat.

3.        Yoghurt masih merupakan sejenis minuman hasil fermentasi susu. Seperti kita ketahui segala macam olahan susu pasti memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi.


4.       Kacang kedelai merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung kalsium tinggi selain susu lainnya. Bahkan satu cangkir kacang kedelai yang direbus saja bisa menghasilkan sebanyak 261 mg kalsium.

5.       Ikan Salmon memiliki kandungan lemak tak jenuh, omega 3 yang sangat baik bagi perkembangan otak dan jantung juga memiliki kandungan kalsium cukup tinggi. Dimana sebanyak 3 ons ikan salmon memiliki kandungan kalsium sebesar 181 mg.


6.       Lobak memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, dimana setiap 1 buah lobak mengandung 200 mg kalsium. Anda bisa mengkonsumsi lobak ketika Anda mencampurnya dalam bahan-bahan sayur sop lainnya untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh.

7.       Susu kedelai Selain kacang kedelainya, olahan dari kacang kedelai ini pun bisa menghasilkan kalsium sebesar 300 mg.


8.       Jeruk  Buah yang rasanya segar ini tak hanya memiliki banyak kandungan vitamin C, akan tetapi juga memiliki kandungan kalsium sebesar 60 mg.

9.       Oatmeal. Makanan sehat yang kaya akan serat dan sangat baik untuk jantung ini memiliki kandungan kalsium cukup tinggi. dan oatmeal mengandung sebanyak 105 mg kalsium untuk setiap satu mangkuk oatmeal.


10.   Ikan Sarden. Selain ikan salmon, sejenis olahan ikan laut yang biasa berbentuk kemasan kaleng ini memiliki kandungan kalsium yang cukup banyak bagi tubuh.

Nah bagi anda yang tidak menyukai susu dan sejenisnya anda bias mengganti nya dengan mengkonsumsi makanan diatas agar kebutuhan kalsium dalam tubuh anda tidak kurang dan tetap terpenuhi .selamat mencoba ! semoga bermanfaat !!!

No comments:

Post a Comment

sertakan nick twitter