Pages

Friday, October 31, 2014

BAHAYA ! Oksalat dalam Makanan




Segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik. taukah kalian makanan sehatpun berisiko memberikan dampak yang kurang baik juga loh. Ini disebabkan karena beberapa sayuran tertentu mengandung suatu zat yang apabila kadarnya terlalu tinggi, bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti batu ginjal.

Zat apakah itu ? zat itu bernama Oksalat. Zat ini bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti batu ginjal dan beragam jenis nyeri. Oksalat merupakan sejenis asam organik yang umumnya terdapat pada hewan, tumbuh-tumbuhan, dan manusia. Tubuh manusia juga mempunyai kecenderungan untuk mengubah beberapa nutrisi seperti vitamin C menjadi oksalat.

Efek oksalat bagi kesehatan
   Batu ginjal
Bersama kalsium, asam oksalat dalam tubuh manusia akan membentuk senyawa yang tidak larut dan tidak dapat diserap oleh tubuh. Senyawa ini berbentuk kristal seperti jarum-jarum tajam yang menancapkan diri ke dalam jaringan, dan hal ini bisa menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Batu oksalat dan kalsium diklaim menjadi penyebab sekitar 80% penyakit batu ginjal orang dewasa.
Sekitar 10 hingga 15 persen oksalat ditemukan dalam urin seseorang yang mempunyai batu kalsium oksalat. Batu ini bisa terbentuk dari makanan dan adapula yang dibentuk oleh tubuh sendiri. Akan tetapi, batu ginjal terjadi bukan semata-mata karena asupan oksalat, namun juga asupan kalsium, protein, dan air yang juga berperan dalam pembentukan batu oksalat.
                                      
Nyeri
Oksalat juga bisa menyebabkan masalah lainnya seperti nyeri panggul kronis, nyeri vulva, fibromyalgia, dan beberapa jenis nyeri lainnya.

Makanan-makanan yang mengandung oksalat
Ada beberapa jenis makanan yang mengandung oksalat, diantaranya adalah:
Sayuran
Sayuran berdaun hijau seperti seledri, peterseli, bayam. Selain itu ada beberapa sayuran lainnya yang juga mengandung oksalat seperti okra, bawang perai, labu siam, dan kacang buncis.
Kacang
Kacang almon, kacang mete, dan kacang tanah.
Buah Berry
Raspberry, stroberi, blackberry, dan blueberry.
Buah-Buahan lain
Buah anggur, buah ara, dan kiwi.
Makanan Lain
Makanan-makanan lainnya yang mengandung oksalat adalah kedelai dan produk-produknya, gandum, coklat, kakao, dan teh hitam.

Tips memasak sayurang yang mengandung Oksalat
Cara memasak ini mungkin tidak berdampak besar dalam mengurangi kandungan oksalat pada makanan tetapi akan lebih baik jika memasak sayurang tersebut dengan benar. Yuk intip tips nya :
1.      Memasak hingga air mendidih hanya akan mengurangi kadar sebesar 10-15 persen saja. Maka dari itu, tidak perlu terlalu lama dalam memasak sayuran jika hanya sekedar mengurangi kadar oksalat.
2.      memasak sayuran terlalu lama akan mengurangi kadar vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam sayuran.
Semoga memberikan manfaat bagi kalian yang membaca dan menerapkan nya ,sampai jumpa di artikel selanjutnya J

No comments:

Post a Comment

sertakan nick twitter